Rabu, 24 Agustus 2016

Cerita anak rantau
Sumber : http://www.cungklik.com/cerita-anak-rantau
Disini saya bicara tentang anak rantau, yang bukan sebuah kebetulan juga saya salah satu nya. Untuk saya sendiri, waktu saya kecil tidak pernah terpikirkan untuk merantau jauh dari tempat saya tinggal, terus terpisah jauh dari orang tua dan keluarga, hidup di daerah orang atau bahkan negara orang. Mungkin teman2 lain yang sekarang posisinya merantau seperti saya, mengalami hal seperti ini juga. Namun waktu sudah memasuki masa SMK, pikiran saya berubah, apalagi saya melihat sepupu2 saya sudah tinggal di Jakarta, terus teman2 saya juga sudah punya rencana setelah lulus SMK untuk pergi ke Ibu kota. Saya justru semakin penasaran, Ibu kota itu seperti apa yaa, sampai banyak sekali orang2 yang ingin mengadu nasib disana, entah itu untuk kerja, kuliah, dan atau hanya jalan2. Sampai saya bertanya ke teman yang waktu lulus sudah langsung ke Jakarta ikut kakak nya yang lebih dulu ke sana “tanah di Jakarta itu seperti apa sih, sama dengan di Bangka ga” (wkwk ini salah satu pertanyaan yang bergelayut di kepala saya saat itu). Waktu lulus SMK, saya tidak kuliah tapi langsung kerja di daerah saya. Hari demi hari pikiran saya itu tetap ingin sekali mencoba merantau seperti teman2 saya. Saya utarakan niat saya ini ke Mama saya. Sebagai orang tua sudah barang tentu Mama saya khawatir dan tidak mengijinkan saya merantau, apalagi kalau saya ikut2an teman, memang saya punya sepupu2 banyak di Jakarta, tapi mereka kan punya kehidupan sendiri, apalagi saya kan tidak pernah pergi jauh dari ortu, meski pun dari SMP saya sudah tinggal sama kakak, tapi tetap saya dibawah pengawasan ketat Mama saya..hihihii. Dari tulisan saya di atas, apakah sebuah keharusan untuk anak2 muda khusus nya, untuk merantau ? Penting banget ga seeh ? Lah ini dia, kalau menurut saya sendiri seberapa penting nya iyaa itu relatif dan choice dari individu nya. Bagi diri saya sendiri, karena saya sudah mengalami nya, jawaban saya yaa memang harus. Beberapa hal yang bisa didapat dari merantau :
1.    Anak rantau biasa nya lebih mandiri.
Dibandingkan tinggal sama ortu, mereka harus bisa memanage keuangan dengan baik, minimal untuk makan selama satu bulan, dari gaji atau bagi anak yang kuliah atas pemberian ortu nya. Bagaimana cara nya iyaa harus bisa sendiri mengatur minimal untuk kebutuhan pribadi nya sendiri. Atau bahkan saat sakit. Merantau tinggal sama saudara atau kost, sama sih susahnya kalau saat sakit. Kita juga tidak mau merepotkan saudara atau teman melayani kita kan, Karena mereka juga punya aktivitas pribadi. Otomatis harus dikuat2in saat sakit. Minta tolong yaa paling sesekali saja.
2.    Anak rantau punya banyak teman dari berbagai daerah.
Baik dia merantau untuk kerja atau kuliah. Banyak hal dari teman2 yang berbeda daerah atau bahkan negara bisa didapatkan, baik dari segi bahasa, adat istiadat, kebiasaan,tingkah laku , pola pikir, dan sifat. Dari situ lama2 kita bisa belajar bagaimana untuk memahami perbedaan2 tersebut.
3.    Anak rantau akan banyak menemui lingkungan yang berbeda dari daerah asalnya.
Lingkungan yang dimaksud disini mencakup banyak hal. Misal perumahan, pasar, mall, tempat wisata,tempat ibadah, adat istiadat yang berlaku didaearah rantau tsb, dan masih banyak lagi. Nah, hal ini bisa memperkaya pengalaman para perantau, yang tentu nya akan dibawa seumur hidup mereka.
4.    Anak rantau juga bisa menemukan partner bisnis dengan teman yang berasal dari daerah lain.
Sebagai contoh saat tinggal di kost, disitu kita akan saling mengenal teman2 baru yang kemudian saling curhat2an dan kongkow bareng, akhirnya berbicara tentang peluang bisnis yang memungkinkan kita untuk membuka pikiran untuk menjalankan bisnis bareng.
5.    Anak rantau punya channel yang banyak untuk traveling bersama teman2 seperjuangannya di  tanah rantau.
Mencoba hal2 baru untuk bepergian di berbagai destinasi wisata, lokal or internasional. Travelling bersama teman2 ke daerah2 yang baru or negara orang, mengasyikkan sekali bukan ? Tentunya akan merefresh kembali pikiran yang sumpek dan membawa cerita baru sebagai pengalaman hidup.
6.    Anak rantau juga bisa menemukan jodoh yang akhirnya membawa mereka ke pelaminan.
Entah itu pas kuliah or di tempat kerja, seringkali anak2 rantau menemukan jodoh nya baik dipertemukan dengan orang yang dari daerahnya sendiriatau dari daerah lain di tempat perantauan. Indahnya..
7.    Anak rantau juga bisa melihat kemajuan teknologi.
Di daerah rantauan khusus nya kota besar, misal seperti di Ibu kota. Banyak kemajuan teknologi yang bisa di lihat dan rasakan. Misal, gedung pencakar langit kayak apartemen mewah yang ratusan tingkat, mall2 besar, alat transportasi, wahana bermain,dan lain2 yang masih banyak lagi. Yang mungkin tidak ada didaerah asal dan  berbeda jauh dari daerah asalnya, jadi kita tidak menjadi katrok, hehehe.
8. Anak rantau biasanya lebih bisa menerima perbedaan yang ada.
 Entah itu perbedaan adat istiadat, ras, suku, dan agama. Mereka akan lebih bisa menghargai perbedaan tsb. Bahwa dunia itu lebih indah jika hidup damai dalam keragaman.
9. Anak rantau juga bisa sukses di daerah orang loh. Banyak sekali pengusaha2 yang sukses di tanah orang loh. Meskipun pada kenyataannya mereka harus rela tinggal jauh dari keluarga, demi menggapai impian. Tapi tidak apa2kan, toh mereka sudah bisa mengharumkan nama baik keluarga, asal jangan lupa pulang ke kampung halaman aja. Iya kan..?
10. Dan yang terakhir, anak rantau janganlah lupa pulang apalagi jadi kacang lupa kulit nya. Yang pasti orang tua khususnya, dan saudara2 kita sangat merindukan kedatangan kita. Dan sebaik2 negeri orang, lebih enak negeri sendiri. Kelanjutan curahan hati di paragraf pertama saya, suatu hari saya mendapat kabar dari Mama saya, bahwa saya diajak untuk kerja sama sepupu saya di Jakarta. Wah saya tidak nolak donk ajakan ini, akhirnya doa dan niat terjawab pikir saya, tepat nya tahun 2009. Mama saya mengijinkan saya karena ajakan itu berasal dari sepupu saya, jadi saya langsung tinggal sama sepupu saya. Mama saya jadi tidak khawatir untuk pertama kali saya merantau ini karena tinggal sama saudara saya. Jadilah saya mencatat sejarah, pertama kali dalam keluarga saya yang menginjakkan kaki di Ibu Kota (tanah rantau), baru deh dilanjutkan dengan Adek dan Mama saya. Buat teman2 yang belum pernah merantau, tidak apa2 cukup travelling aja. Namun, mumpung masih muda, cobalah untuk traveling ke berbagai daerah, yang sedikit lebih jauh. Semua orang pasti suka jalan2 kan, apalagi bersama dengan orang2 yang tersayang entah itu bersama ortu, keluarga kecil, keluarga besar, dan teman2. Tentu nya akan menjadi salah satu dari hari2 spesial yang paling diingat dan memuaskan bukan..? Demikian tulisan pertama saya di sini, terima kasih untuk www.cungklik.com yang sudah memberikan wadah untuk saya mencurahkan uneg2 saya. Meski belom sempurna betul, tapi setidak nya bisa berbagi sedikit pengalaman dan ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar